Perawatan Tubuh

5 Cara Mengecilkan Lengan dengan Berolahraga

Lengan adalah bagian tubuh manusia yang paling terlihat meski tertutup oleh baju. Para wanita selalu ingin memiliki lengan yang kecil dan juga kencang. Karena jika lengan terlihat besar serta bergelambir tentu saja akan membuat rasa kepercayaan diri menjadi berkurang. Lengan dapat dengan mudah membesar dan bergelambir karena lengan merupakan bagian tubuh yang menjadi tempat lemak-lemak dalam tubuh berkumpul. Oleh karena itu lengan yang besar dan bergelambir menjadi masalah yang selalu menghantui para wanita.

Lengan yang besar dan bergelambir ini dapat terjadi karena disebabkan oleh meningkatnya berat badan secara berlebihan pada seseorang atau obesitas. Karena obesitas dapat membuat tubuh menyimpan lemak di bagian-bagian tertentu seperti di bagian lemak ini. Oleh karena itu banyak orang yang tidak ingin memiliki lengan yang besar. Mengatasi masalah ini anda dapat melakukan berbagai macam olah tubuh ketika sedang ada waktu luang untuk mengecilkan bagian lengan. Karena dengan melakukan diet tapi tidak dibarengi dengan olah tubuh yang seimbang tetap akan membuat lengan anda terlihat bergelambir dan itu tidak sedap dipandang mata.

Olahraga dapat menjadi pilihan utama dalam proses mengecilkan lengan dan bagian-bagian tubuh lainnya juga. Dengan melakukan olahraga anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Yang pertama anda akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Dan yang kedua anda dapat mendapatkan kesehatan yang prima karena telah melakukan olahraga.

Berikut ini adalah cara mengecilkan lengan dengan berolahraga yang dapat anda lakukan ketika sedang ada di rumah dan memiliki waktu luang

 

  1. Melakukan push-up

Push up merupakan gerakan olahraga yang paling terkenal dan sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Gerakan ini dapat dilakukan dimana saja dan sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Jika anda menginginkan lengan yang kecil dan kencang cukup lakukan push up secara rutin untuk hasil yang maksimal dan memuaskan. Namun pastikan anda melakukan gerakan push up yang benar dan sempurna. Meski terlihat gampang dilakukan, sebenarnya push up ini sangat memerlukan tenaga yang besar karena saat melakukannya anda hanya bertumpu pada ujung jari saja. Jika anda tidak terbiasa berolahraga sangat disarankan untuk melakukan push up sekuatnya dulu saja agar tubuh tidak terlalu kaget setelah melakukan gerakan ini. Namun semakin lama intensitasnya harus ditambah secara rutin agar lengan menjadi kecil dan juga kencang.

  1. Melakukan push up dinding

Jika anda bosan dengan melakukan gerakan push up yang biasa, maka push up dinding dapat menjadi alternatif lain untuk mengecilkan lengan anda. Tenaga yang harus dikeluarkan saat melakukan push up dinding tidak terlalu banyak seperti push up biasanya. Saat melakukan push up dinding anda harus berdiri menghadap ke dinding. Lalu lakukan gerakan seperti gerakan push up yang biasanya anda lakukan. Bedanya jika push up dinding ini tidak dilakukan dengan cara berbaring di lantai. Untuk pemula lakukan gerakan push up dinding selama 10 kali terlebih dahulu namun semakin lama intensitasnya harus ditambah. Selain itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka gerakan ini harus dilakukan secara rutin. Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan jika semakin sering anda melakukan gerakan ini dan tentunya tidak vakum selama beberapa minggu.

  1. Melakukan lompat tali

Lompat tali dapat menjadi alternatif untuk mengecilkan bagian lengan agar tidak terlihat kendor dan bergelambir. Olahraga yang sudah sering dilakukan semenjak kecil ini ternyata cukup efektif dalam membantu mengecilkan lengan. Selain untuk mengecilkan bagian lompat tali juga dapat berguna untuk mengecilkan bagian paha. Oleh karena itu jika anda melakukan olahraga ini maka anda akan mendapatkan 2 manfaat sekaligus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat melakukan lompat tali secara rutin yang dilakukan pada pagi atau sore hari. Gerakan lompat tali ini memang terlihat sederhana namun manfaatnya sangat besar bagi bentuk lengan anda.

  1. Mengangkat barbel

Untuk mengecilkan lengan cara selanjutnya adalah dengan mengangkat barbel. Cara ini sangat mudah dan sederhana serta dapat dilakukan di rumah ketika sedang santai. Pertama-tama yang harus anda siapkan adalah barbel yang besarnya disesuaikan dengan kekuatan anda. Anda bisa memulainya dengan barbel dengan berat 1 kg terlebih dahulu dan beratnya akan ditambahkan setiap minggunya untuk hasil yang lebih maksimal. Saat menggunakan barbel anda dapat menggunakan kedua tangan dengan posisi 90o. Lalu angkat barbel bergantian dengan tangan kanan atau tangan kiri anda. Lakukan gerakan ini semampu anda karena apabila dipaksakan akan membuat otot lengan menjadi kaget bahkan dapat menimbulkan cedera. Lakukan aktivitas ini secara rutin dan tidak terlalu diforsir untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Berenang

Kegiatan olahraga yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan keringat adalah berenang. Berenang adalah cara efektif yang dapat mengecilkan dan memperkencang lengan anda. Karena saat berenang anda akan menggunakan tangan untuk mengayuh air dan gerakan tersebutlah yang dapat mengecilkan lengan. Tak hanya lengan saja, karena saat berenang seluruh anggota tubuh akan bergerak sehingga membuat anda melakukan latihan pada seluruh tubuh. Apalagi saat berenang anda dapat mencoba berbagai macam gaya yang dapat melatih gerakan tubuh anda. Banyak orang yang menjadikan berenang sebagai aktivitas olahraga untuk memperkecil lengan dan membuat tubuh menjadi lebih proposional. Jika ingin memiliki lengan yang kecil secara cepat maka anda harus secara rutin melakukan olahraga renang ini satu minggu dua kali agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Kegiatan-kegiatan olahraga di atas merupakan cara-cara efektif yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengecilkan bagian lengan yang seringkai menjadi masalah dan membuat rasa percaya diri anda menjadi menurun. Selain melakukan olahraga yang rutin dan teratur anda juga harus menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. Yang harus anda ingat saat melakukan proses pengecilan lengan dan bagian tubuh lainnya adalah dengan mengindari konsumsi makanan-makanan berlemak tinggi. Karena makanan-makanan berlemak tinggi dapat menimbun dan menambah lemak yang masuk kedalam tubuh anda. Dan mulai sekarang mulailah untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang rendah lemak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain makan-makanan yang sehat kebutuhan air dalam tubuh juga harus dipenuhi. Anda tidak boleh kekurangan cairan dalam tubuh karena pada saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan cairan berupa keringat yang jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itulah kebutuhan asupan air dalam tubuh harus tetap terpenuhi. Dalam satu hari anda harus meminum air mineral sebanyak 8 gelas. Selain untuk mengganti cairan tubuh yang keluar saat berolahraga, air mineral juga dapat membantu pelarutan lemak yang menggumpal dan menumpuk di bagian-bagian tubuh seperti pada lengan. Air juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang membuat lancar pencernaan anda. Oleh karena itu pola makan sehat dan berolahraga sangat penting untuk memperkecil lengan anda.

Related Posts