Perawatan Tubuh

Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Keringat salah satu cairan yang dikeluarkan oleh tubuh melalui pori-pori kulit. Ketika kita berolahraga atau cuaca panas wajar saja tubuh kita berkeringat. Namun jika tanpa sebab, keringat keluar tiba-tiba dalam jumblah yang lebih harus diwaspadai. Namun jika masih batas normal, itu hal yang biasa. Selain itu ketika kita merasa gugup juga memacu munculya keringat yang berlebihan.

Biasanya keringat ada di area ketiak, telapak tang dan badan. Pemicu keluarnya keringat bermacam-macam, bisa saja anda makan pedas keringat bisa mengucur di area wajah. Terus bagaimana dengan keringat yang keluar melebihi batas normal?

Ada dua macam keringat yang berlebihan

  1. hyperhidrosis focal primeratau keringat di bagian tertentu

keringat yang muncul hanya dibagian tertenu biasanya disebabkan karena adanya masalah dibagian system saraf. Namun hal ini tak perlu dikhawatirkan karena ini bukan penyakit. Biasanya bagian yang mengalami keringat berlebihan di area telapak tangan, ketiak atau hanya diwajah saja.

  1. secondary general hyperhidrosisatau keringat berlebih di seluruh tubuh.

Kelebihan keringat jenis ini disebabkan karena penyakit tertentu. Seperti masalah tiroid, stroke, jantung, paru-paru, diabetes dan lainnya  yang biasanya terjadi dimalam hari. Namun selain itu bisa dikarenakan obat-obat tertentu.

Dari kedua jenis keringat tadi anda harus kenali terlebih dahulu, karena untuk pengobatannya agar lebih mudah. Seperti untuk jenis keringat di bagian tertentu bisa dilakukan dengan memberikan antiperspirant (sejenis deodoran) baik berbentuk rool on atau spray atau lotion. Sedangkan keringat berlebihan yang disebabkan karena penyakit, misalnya gula darah maka anda harus mengontrol gula darah anda agar kembali normal.

Sedangkan secara umum hal yang anda bisa lakukan untuk mengatasi keringat berlebihan seperti dibawah ini :

  1. Hindari Makanan Pedas

Makanan pedas biasanya memicu keluarnya keringat berlebihan. Maka dari itu hindari makanan pedas agar tidak memicu keluarnya keringat berlebihan.

  1. Berhenti Merokok

Salah satu cara mengatasi keringat berlebihan adalah berhenti merokok, bagi yang merokok. Karena rokok memaksa tubuh bekerja lebih keras lagi sehingga keringat yang dikeluarkan bisa lebih banyak.

  1. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang tidak ideal juga menjadi penyebab keringat berlebihan. Dalam hal ini yang obesitas, karena memerlukan energy yang lebih besar saat bergerak dan beraktivitas. Sehingga suhu tubuh naik dan memicu keringat yang berlebihan. Maka sebaiknya jaga berat badan anda agar tetap ideal.

  1. Periksa Ke Dokter

Jika hal-hal tersebut sudah dihindari, namun tidak berhasil sebaiknya anda konsultasi ke dokter. Agar lebih mudah menanganinya, sehingga keringat yang berlebihan bisa segera teratasi. Dan anda bisa beraktifitas secara normal kembali. Karena jika ke dokter biasanya anda akan disarankan untuk meminum obat, botox dan lain sebagainya.

Related Posts