Health Lifestyle

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Benar

Sakit tenggorokan terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus pada bagian atas saluran pernapasan. Sakit tenggorokan ini biasanya banyak dialami oleh anak-anak hingga remaja, meski tidak menutup kemungkinan akan terjadi juga pada orang-orang dewasa. Sakit tenggorokan akan muncul dengan gejala-gejala seperti sakit ketika menelan makanan atau minuman, sakit kepala, pembengkakan amandel akibat adanya peradangan, batuk, adanya pembesaran kelenjar pada leher, nyeri otot dibagian tubuh sekitar tenggorokan, hidung berlendir, mengalami iritasi dan ada gatal di bagian tenggorokan.

Tentu saja gejala-gejala yang disebutkan di atas sangat mengganggu dan membuat para penderitanya merasa tidak nyaman dalam keadaan tersebut. Seseorang yang mengalami sakit tenggorokan ini akan merasa lemas dan tidak bersemangat untuk beraktivitas karena asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya akan berkurang. Karena timbulnya rasa sakit pada saat menelan makanan lalu menyebabkan para penderita sakit tenggorokan ini memilih untuk membatasi makanan ke dalam tubuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi. Padahal dengan mengurangi makanan yang masuk ke dalam tubuh itu hanya membuat mereka akan semakin lemah dan memicu timbulnya penyakit-penyakit lain akibat daya tahan tubuh yang kurang prima.

Sakit tenggorokan ini dapat diatasi dengan obat-obatan yang banyak dijual di pasaran dengan berbagai merk, namun ternyata sakit tenggorokan ini dapat diatasi juga tanpa menggunakan obat yang dijual di pasaran tersebut. Anda dapat mengatasi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh sakit tenggorokan ini dengan cara yang sederhana serta mudah untuk dilakukan. Dan berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan benar:

  • Berkumur dengan menggunakan antiseptic sampai ke tenggorokan

Jika anda biasa berkumur hanya sebatas pada bagian mulut saja, maka saat anda sakit tenggorokan anda harus berkumur sampai menjangkau tenggorokan dengan menggunakan obat kumur antiseptic untuk membunuh bakteri-bakteri yang menjadi penyebab tumbulnya sakit pada tenggorokan anda. Anda dapat menggunakan obat kumur antiseptic yang mengandung povidone-iodine sebanyak dua sampai lima kali dalam satu hari.

  • Meminum air putih

Dengan meminum air putih anda sudah membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang telah terkurang akibat sakit tenggorokan. Dengan meminum air putih juga kebutuhan cairan dalam tubuh akan terpenuhi. Dan jika kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi denga sangat baik itu akan sangat membantu mempercepat proses penyembuhan dari sakit tenggorokan.

  • Berkumur dengan air garam

Saat sakit tenggorokan melanda segera berkumurlah dengan menggunakan air garam untuk meredakan peradangan yang terjadi. Dengan berkumur menggunakan air garam ini juga mampu meredakan bengkak pada tenggorokan anda. Caranya sangat mudah sekali anda hanya perlu melarutkan satu sendok garam kedalam secangkir air hangat lalu gunakan air larutan garam tersebut untuk berkumur.

Related Posts