Health Lifestyle

Makanan Penambah Darah

Anemia atau kurang darah ditandai dengan lemas atau letihnya tubuh ketika sedang beraktivitas. Turunnya sel darah merah didalam tubuh ini dikarenakan tubuh kekurangan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam produksi sel darah merah. Jika zat besi di dalam tubuh kurang maka tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin yang mencukupi. Hemoglobin senderi merupakan unsur pokok yang ada di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen pada jaringan tubuh. Sehingga saat tubuh kekurangan zat besi maka akan membuat anda lemas dan letih yang membuat aktivitas anda menjadi terganggu.

Jika anda penderita anemia atau kurang darah maka anda wajib untuk mengkonsumsi makanan penambah darah yang mampu membuat tekanan darah anda menjadi normal. Ada dua bentuk zat besi yang dapat diserap oleh tubuh anda, yaitu heme dan non-heme. Heme itu berasal dari hemoglobin yang biasanya terdapat di dalam makanan yang berbahan dasar dari hewan seperti daging putih dari jenis unggas, daging merah, serta ikan-ikanan. Sementara non-heme ini berasal dari makanan yang berbahan dasar nabati seperti sayuran hijau atau kentang. Diantara kedua jenis zat besi tersebut, zat besi heme yang paling mudah untuk diserap oleh tubuh manusia.

Karena zat besi ini sangat penting dalam sistem produksi hemoglobin dalam tubuh, untuk itulah mengapa tubuh anda tidak boleh kekurangan zat besi agar tubuh anda kuat serta tidak kekurangan darah. Apabila anda memiliki riwayat anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menambah darah yang kaya akan zat besi. Berikut ini adalah golongan makanan yang bisa menjadi penambah darah dalam tubuh sehingga dapat mengatasi gejala anemia yang sering mengganggu:

  1. Mengkonsumsi daging merah

Daging merah merupakan bahan makanan yang kaya akan zat besi. Kandungan zat besinya yang banyak mampu meningkatkan tekanan darah sehingga anda dapat terhindar dari gejala-gejala anemia. Yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi daging merah adalah anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan karena daging merah dapat memicu kadar kolesterol tinggi yang dapat mengganggu kesehatan anda.

  1. Mengkonsumsi daging putih (unggas)

Kandungan yang ada didalam daging putih yang berasal dari unggas ini ternyata tidak terlalu jauh berbeda dengan kandungan di daging merah. Daging putih ini dapat menjadi pilihan anda untuk menambah darah karena daging putih juga dapat mengatasi penyakit anemia. Selain itu daging putih ini juga bagus untuk tubuh karena tidak memicu kadar kolesterol tinggi pada tubuh.

  1. Mengkonsumsi seafood

Seafood merupakan makanan yang kaya akan zinc dan juga zat besi. Zat tersebut sangat berguna bagi meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi seafood akan sangat membantu untuk mengatasi anemia.

  1. Mengkonsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan yang lainnya ternyata memiliki kandungan zat besi non-heme yang mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan mengatasi penyakit anemia.

Related Posts