Perawatan Rambut

Manfaat Santan Untuk Rambut

Sebagaimana lazimnya di Indonesia santan lebih dikenal sebagai jenis bahan masakan, seperti bahan masakan rendang, opor ayam, gulai dan jenis masakan lainnya. Akan tetapi bukan hanya sebagai bahan masakan saja, santan juga dapat bermanfaat sebagai bahan perawatan kecantikan, salah satunya sebagai bahan perawatan kecantikan rambut yaitu sebagai masker rambut.

Banyaknya kandungan pada perasan air kelapa parut yang dapat bermanfaat bagi tubuh seperti kandungan vitamin B1, B3, B5, B6, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi,magnesium dan fosfor.  Kandungan yang terdapat dalam santan ini juga mempunyai banyak kegunaan untuk rambut seperti untuk mengatasi masalah yang terjadi pada batang rambut dan kulit kepala karena memiliki banyak nutrisi yang baik untuk batang rambut serta kulit kepala.

Berikut Merupakan Manfaat Santan Bagi Rambut

  1. Memperbaiki rambut yang rusak

Air parutan kelapa sangat terkenal ampuh dalam memperbaiki rambut yang rusak, karena santan dapat memberikan nutrisi pada rambut secara alami dari mulai akar rambut sampai ujung rambut serta dapat memberikan kelembaban yang alami pada rambut. Anda dapat menggunakan santan sebagai masker rambut, yaitu dengan cara membalurkan santan pada kulit kepala sambil dipijat  selama 3 sampai 5 menit, lalu diamkan selama 20 menit, kemudian keramas sampai bersih.

  1. Mencegah kebotakan

Selain dapat memberikan nutrisi pada rambut, dan memperbaiki rambut rontok, santan juga berfungsi untuk mencegah kebotakan serta dapat membantu dalam menumbuhkan rambutsecara alami dengan menggabungkan sejumlah senyawa organik , seperti youghurt, minyak pohon serta minyak tamper.

  1. Sebagai kondisioner alami

Air perasan kepala juga dapat berfungsi sebagai kondisioner alami. Santan juga dapat menjadikan rambut anda menjadi lebih lembut dan mudah untuk diatur, karena kandungan minyak alami yang terdapat dalam santan . Gunakan santan sehabis keramas agar rambut terasa lebih lembut. Dan jika rambut anda kusut, anda juga dapat mengoleskan sedikit santan pada bagian rambut yang kusut, kemudian sisirlah rambut hingga rapi dan terurai sempurna. Pastikan rambut tidak ada yamg patah.

  1. Dapat mengatasi ketombe pada kulit kepala

Ketombe merupakan salah satu masalah yang terdapat pada kulit kepala. Hal ini terjadi karena terjadinya pengelupasan pada kulit kepala yang dipicu oleh bakteri dan tidak seimbangnya PH pada kulit kepala. Untuk dapat mengatasi hal ini, anda bisa menghunakan santan, karena kandungan nutrisi dalam santan dapat membuat kulit kepala menjadi dingin. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mencampurkan setengah gelas santan dengan segelas jus nanas juga dengan setengah gelas air kelapa. Kemudian pakailah campuran santan tersebut untuk keramas setiap 5 hari sekali, lalu bilas dengan shampo kemudian bersihkan dengan air secukupnya.

  1. Memperbaiki rambut yang bercabang

Rambut bercabang dapat disebabkan karena kurangnya perawatan pada rambut s3hingga membuat rambut kering dan bercabang. Santan bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan rambut bercabang yaitu dengan mencampurkan santan dengan alpukat serta minyak kelapa, lalu oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut sampai merata, kemudian bungkus dengan penutup rambut, diamkan selama satu jam lalu bilas sampai beesih.

Inilah beberapa manfaat santan untuk rambut yang dapat anda coba. Santan juga dapat digunakan dengan mencampurkannya bersama  bahan-bahan alami lain seperti alpukat, minyak kelapa seta pepaya sebagai bahan penunjang guna memberikan manfaat yang lebih baik.

Related Posts