Perawatan Wajah

Penyebab jerawat dan Cara Mengobatinya

Bagi sebagian orang, memiliki jerawat adalah hal yang sangat mengkhawatirkan, apalagi bagi seorang wanita. Kemunculan jerawat bisa menganggu aktivitas dan kepercayaan diri menurun. Frekuensi munculnya jerwat setiap orang pasti berbeda-beda. Sebagian orang mengalami munculnya jerawat ketika menjelang menstruasi dan kemudian menghilang dengan sedirinya. Namun ada juga yang muncul jerawat pada waktu-waktu tertentu dan bekasnya tidak bisa menghilang. Tentunya hal seperti ini sangat menghkhawatirkan sebagian orang, oleh karena itu kita perlu mengetahui penyebab jerawat bisa muncul, berikut ulasan penyebab jerawat yang timbul di wajah anda.

Penyebab jerawat

Ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mat, kotoran, dan sabum maka akan terjadi infesi bakteri dan menyebabkan peradangan, sehingga memunculkan jerawat. Namun ada beberapa faktor lain yang bisa memunculkan jerawat pada wajah anda, berikut ulasannya.

  1. Faktor Keturunan

Hal pertama yang bisa menyebabkan munculnya jerawat adalah faktor keturunan melalui genetik. Ketika seorang remaja berjerawat sangant mungkin diwariskan oleh orang tua yang dulunya juga berjerawat. Para peneliti meyakini bahwa gen yang diwariskan orang tua juga mempengaruhi. Kemudian gen menentukan tipe jerawat yang muncul di wajah anda. Ketika anda memiliki waena kulit yang cerah maka jerawat akan terlihat memerah, sedangkan sebaliknya ketika anda memiliki wajah yang cenderung gelap maka biasanya jerawat yang muncul akan berwarna merah muda kecoklatan. Namun dari semua ini satu hal yang bisa dipastikan ketika kedua orang tua memiliki masalah jerawat yang cukup signifikan maka resiko yang diturunkan kepada anak-anaknya juga tinggi.

  1. Stress

Suatu keadaan atau kondisi yang dialami oleh seseorang juga memicu munculnya jerawat. Salah satunya adalah ketika anda mengalami kondisi stress, hal tersebut dapat memicu timbulnya jerawat, parahnya lagi hal tersebut juga bisa memperburuk jerawat pada wajah anda. Mengapa demikian, ketika seseorang mengalami  stress, kortisol dan androgen yang meningkatkan proudksi minyak akan lebih banyak diproduksi.  Stress dan jerawat seperti hal yang terikat dan saling berhubungan. Stress dapat memicu jerawat, namun sebaliknya jerawat juga bisa menyebabkan stress bagi seseorang.

  1. Pengaruh Hormon

Selanjutnya penyebeb timbulnya jerawat yang lainnya adalah meningkatnya hormon androgen dalam tubuh apalagi saat mengalami masa pubertas. Hormon androgen akan menyebabkan kelenjar pada  kulit akan mengeluarkan zat minyak yang berfungsi untuk melindungi kulit. Adanya hormon androgen ini sangat penting untuk kulit kita, yakni untuk membuat kulit lembab dan tidak kering. Namun apabila jumlahnya berlebihan dan ditambah kurangnya menjaga kebersihan kulit maka akan menimbulkan jerawat.

  1. Pengaruh pemakaian obat-obatan

Konsumsi beberapa jenis obat tenyata mengandung efek samping berupa munculnya jerawat. Seperti jenis obat yang mengandung zat lithium, bromin, dan beberapa zat lainnya apabila di konsumsi akan memunculkan efek berupa jerawat. Zat litihium berfungsi menaikkan sistem imun sehinnga ketika anda mengkonsumsinya maka akan menyebabkan peradangan pada kulit karena memproduksi hormon stress yang berlebih sehingga menimbulkan jerawat. Jadi apabila anda mengkonsumsi obat-obatan tanyakan kepada dokter anda apa saja efek samping dari obat yang diberikan.

  1. Produk Perawatan yang Tidak Cocok

Saat ini banyak sekali produk perawatan yang ditawarkan, namun anda harus pandai memilih produk perawatan mana yang cocok untuk kulit anda, karena apabila anda salah memilih maka hal tersebut akan menimbulkan jerawat. Ketika anda memakai produk perawatan yang tidak cocok dengan keadaan kulit anda maka yang terjadi, pori-pori kulit anda akan tertutup dan menimbulkan jerawat. Bagi anda yang gemar menggunakan make up sebaiknya cermati dahulu label produk yang hendak anda beli, apakah akan mneyumbat pori-pori atau tidak, dan tentunya aman untuk digunakan.

  1. Mengkonsumsi Makanan Pemicu Jerawat

Seuah penelitian di Harvard Medical School mengatakan munculnya jerawat dikarenakan konsumsi produk olahan susu. Penelitian ini membuktikan bahwa ketika seseorang sedikit mengkonsumsi olahan susu tersebut maka akan semakin sedikit jerawat yang timbul. Namun ada beberapa makanan yang sering dikaitkan dengan munculnya jerawat, seperti kacang-kacangan, coklat, dan lainnya. Namun reaksi orang berbeda-beda dalam hal ini, ada yang bertambah parah ada juga yang malah berkurang, oleh karena itu ada baiknya anda memperhatikan konsumsi makanan anda.

Cara Mengobati Secara Alami

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati jerawat yang anda derita selain dengan obat-obatan yang dijual dipasaran, anda juga bisa melakukan beberapa hal alami yang mudah untuk anda lakukan. Berikut ulasannya.

  1. Masker Alpukat dan Madu

Bauh satu ini ternyata memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat ketika dijadikan masker dan dicampur dengan Madu. Selain rasanya yang nikmat buah alpukat ini sangat bermanfaat untuk kulit karena dalam buah ini mengandung vitamin E yang mampu mengurangi peradangan pada kulit dan Madu yang memiliki kandungan hidrogen peroksida yang memiliki sifat antibakteri, sehingga menciptakan kombinasi sempurna untuk masker kulit anda. Cara membuat masker ini cukup mudah. Anda tinggal menghaluskan daging buah alpukat ke dalam wadah dan campurkan satu sendok madu, dan seikit perasan lemon. Kemudian oleskan kepada wajah anda yang berjerwat dan diamkan selma 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas dengan air.

  1. Lemon

Buah asam satu ini memiliki kandungan asam askorbat-L yang dapat menangani peradangan pada kulit yang berjerawat. Lemon juga mempu membersihkan pori-pori anda yang tersumbat sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat. Selain bisa menangani jerawat anda, lemon juga mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda di wajah anda. Caranya adalah gunakan perasan lemon sebagai masker, dan diamkan hingga 15 menit kemudian bilaslah dengan air. Apabila anda ingin hasil maksimal, maka lakukanlah treatment ini secara rutin.

  1. Baking Soda

salah satu bahan yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat adalah Baking Soda. Salah satu bahan pembuat kue ini mampu menetralkan keasaman kulit sehingga mampu membunuh secara perlahan bakteri penyebab jerawat anda. Selain menghilangkan jerawat, baking soda juga mampu membersihkan pori-pori dan menyerap minyak yang berlebih. Cara yang bisa anda gunakan dengan baking soda adalah membuatnya menjadi masker dan mencampurnya dengan air, diamkan hingga 15 menit di wajah anda yang berjerawat. Namun hal paling pertama yang harus anda pastikan adalah apakah kulit anda memiliki reaksi terhadap penggunaan baking soda, apabila reaksinya tidak bagus maka jangan digunakan.

  1. Mentimun

Buah Mentimun juga memilki manfaat yang besar untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda. Buah satu ini mengandung antioksidan, mineral, asam amino, kemudian vitamin c yang memiliki kegunaan untuk mengeluarkan zat yang tidak berguna didalam tubuh serta melembabkan kulit. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memotong mentimun secara pipih dan aplikasikan pada wajah anda dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

Demikian beberapa penyebab jerawat dan cara mengobati jerawat secara alami, semoga bermanfaat.

 

Related Posts